Kamis, 12 September 2013

Rawon Iga

Seneeeeng....akhirnya bisa bikin rawon sendiri! Dulu mana PD sih ngeracik buat masak2.. Kalau kue okelah yaa...secara resepnya sudah pasti. kalau masak kan menurutku tergantung *tangan* . Biar resepnya sama, kadang hasilnya beda. hihi.... Tapi resep mbak Rachmah Setyawati ini bikin aku PD. Hasilnya enaaak banget. Aah..doyan poko'e. Maklum,kalau orang Jawa Timur,,harusnya suka rawon. Kalau nggak suka,mungkin dia vegetarian,haha... :D Peluk mb rachmah duyu aah....makasiiih mbaak...yg ini bumbu segar aku ganti versi bubuk,karena di Berlin,aku kdg2 aja nyetok bumbu segar.


daaaan...ini nih si Kloewek yang membuat rawon terwujud. Kalau nggak ada kloeweknya..ya bukan rawonlah yaa.. semur kali,hihi... ini nemu di indomarkt berlin. Enak yg kering gini...gak perlu pilih2 mana kloewek yg bagus atau tidak. sdh pilihan semua :)


RAWON IGA

1/2 kg Iga Sapi
1 ikat daun bawang,potong 1 cm
1 bh serai,geprek
6 lbr daun jeruk
1 iris tipis selebar ibu jari laos (aku pake laos kering)
2 sdm air asam jawa
1/2 ons toge pendek

Bumbu halus
6 siung bw merah ( aku kdg bw bombay )
5 siung bw putih
2 buah cabe merah (1/2 sdm sambal oelek kalau nggak mau pedas)
1/2 sdt ketumbar
1/4 sdt merica
1/2 sdt jinten (halus)
1 cm kunyit (aku 1/2 sdt kunyit)
1,5 cm kencur ( 1/2 sdt kencur halus )
1 sdt terasi (matang)
8 bh kloewek,haluskan
1 sdt gula pasir (aku 1/2 sdt)
2 sdt garam (aku 1sdt atau disesuaikan pas icip2)
+/- 1000 ml air kaldu sapi (kalau di resep mb rachmah sesuai selera aja/gak ada takaran pastinya)

Tumis bumbu halus,serai,laos,daun jeruk sampai harum. 
Masukkan iga yg sdh dipotong2. Masak sampai agak meresap. 
Tambahkan air sesuai selera, cek gula dan garam sesuai  selera juga.
Masukkan daun bawang. 
 Didihkan...angkat dari kompor. 
Rawon siap dinikmati dgn toge :)

Perut kenyang...tawa jadi lebaaar...haha...
Happy Cooking ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...